Ahli Rumah Minimalis

Informasi Seputar Rumah, Dekorasi dan Tips Menarik

img

Jenis Atap Rumah

/
/
8 Views

Jenis Atap Rumah- Atap merupakan penutup atas suatu bangunan yang melindungi bagian dalam bangunan dari hujan maupun terik matahari. Bentuk dari atap ini sangat beragam, mulai dari datar hingga miring. Meskipun begitu, suatu atap tetap harus bisa mengalirkan air agar bisa jatuh.

Atap terbuat dari berbagai bahan, di antaranya adalah genting (keramik, beton), seng bergelombang, asbes, maupun semen cor. Beberapa jenis tumbuhan pun bisa dijadikan sebagai bahan atap tradisional, yaitu kayu ulin atau kayu besi, dan juga daun-daun rumbia, kelapa, enau, dan nipah. Tak hanya dipertimbangkan dari segi fungsinya, atap sebuah bangunan atau rumah juga harus dipertimbangkan dari segi estetiknya yang mendukung unsur keindahan suatu bangunan.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis atap rumah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika membangun rumah. Simak pembahasannya berikut ini.

Pilihan Jenis Atap Rumah

Setiap jenis atap memiliki keunggulan dan keistimewaan masing-masing. Pemilihan atap juga berdasarkan kecocokan terdahap lingkungan tempat tinggal Anda. Berikut ini merupakan jenis-jenis atap atap yang dapat dijadikan referensi.

Atap Metaldeck

Jenis atap yang biasa diaplikasikan untuk pabrik dan swalayan ini memiliki banyak nama, salah satunya adalah spandek. Atap ini terbuat dari alumunium dan seng. Keunggulan dari atap ini adalah memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa, anti karat, ramah lingkungan, dan juga tahan terhadap angin kencang.

Desain Atap Rumah
Atap Meltadeck

Atap Dak Beton

Jenis atap ini terbuat dari kombinasi besi dan juga beton. Keunggulan yang dimiliki atap ini adalah kuat dan tidak mudah rusak, dengan biaya perawatan yang minim dan mudah sekali dibersihkan selain itu, dak beton ini dapat digunakan untuk tempat beraktivitas, seperti menjemur pakaian dan bercocok tanam menggunakan pot.

Model Atap Rumah
Atap Rumah Dak Beton

Atap Kain Terpal

Dengan menggunakan kain terpal dan plastik padat yang elastis, jenis atap ini bertumpu pada kerangka besi yang dibentuk sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, jenis atap ini cocok jika diaplikasikan pada sebuah atap jendela. Keunggulan yang dimilikinya adalah bagusnya ketahanannya terhadap cuaca, anti jamur, waterproof, dan juga tidak mudah sobek.

Contoh Atap Rumah
Atap Rumah Kain Terpal

Ubin Keramik

Tujuan diaplikasikannya jenis atap ini adalah untuk membawa efek kuno pada suatu ruangan. Ubin keramik ini sangat populer di beberapa negara di Eropa karena keunggulannya yang mampu bertahan dalam waktu yang lama. Jenis atap ini bisa dijadikan referensi untuk Anda.

Motif Atap Rumah
Atap Rumah Ubin

Atap Bambu

Model atap ini sudah banyak digunakan sejak dulu bahkan seringkali dipadupadankan dengan material kayu. Biasanya, pendopo-pendopo menggunakan atap ini dengan tujuan memperkuat sentuhan natural pada bangunan tersebut. Keunggulan yang dimiliki bambu sendiri adalah strukturnya lebih kuat dibandingkan dengan beton, tidak menimbulkan polusi, dan juga harganya yang relatif murah.

Model atap rumah
Atap Rumah Bambu

Atap Bitumen Onduvilla

Meskipun bahannya yang mirip dengan onduvilla, namun tekstur atap ini terlihat lebih keras. Atap ini berbentuk seperti genteng atau multiroof. Selain itu, keunggulan yang dimilikinya adalah tahan terhadap tekanan dan panas.

desain atap rumah
atap rumah onduvilla

Atap dari Membrane

Teknologi terbaru dari karet sintetis dan PVC yang dimodifikasi ini diterapkan pada atap ini. Dengan susunan beberapa potongan besar material karet sintetis ini dapat membentuk membrane besar dengan ketebalan antara 0,75mm sampai dengan 1,5mm. Keunggulan atap ini adalah tidak membutuhkan banyak struktur rangka, perawatan yang cukup mudah, awet, dan dapat bertahan terhadap keadaan apapun.

contoh atap rumah
atap rumah membrane

Atap Kanopi Carport (Spandek)

Kanopi jenis ini lebih tahan lama dibandingkan dengan kanopi polycarbonate. Hal ini dibuktikan dengan daya tahannya yang mampu bertahan selama 10 tahun, dan kanopi zinclaume tahan hingga 30 tahun ke atas. Model ini cocok untuk Anda yang mencari referensi jenis atap bagi rumah Anda.

model atap rumah
Atap Rumah Kanopi Carport

Awning

Jenis atap biasanya ditemui pada teras maupun atap kecil sebagai pelindung pintu dan jendela. Atap ini terbuat dari kain yang pemasangannya dengan rangka besi. Keunggulannya adalah mudah dibongkar pasang .

Jenis Atap Rumah
atap rumah awning

PVC (Polyvinyl Chloride)

Jenis atap seperti ini banyak sekali digunakan karena lebih tahan lama dari pada fiberglass. Varian dari atap PVC yang populer adalah atap alderon karena mudah diaplikasikan pada rumah tinggal. Lembaran atap alderon ini berbentuk gelombang.

motif atap rumah
Atap Rumah PVC

Atap Onduline

Bahan baku dari atap ini adalah campuran serat organik yaitu campurat serat kayu dan serat kertas, bitumen (aspal), resin, dan mineral aditif lainnya. Jenis atap ini cocok bagi Anda yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keunggulannya yang tidak mudah berkarat dan tahan rapuh.

Desain Atap Rumah
Atap Rumah Onduline

Polikarbonat

Atap ini terbuat dari bahan polycarbonate. Jenis atap ini serig digunakan untuk membuat kanopi, ruang jemu, carport, gudang, dan ruang lainnya yang membutuhkan sinar alami matahari denhgan lebih maksimal. Keunggulan dari atap ini adalah bisa menahan panas dan dilapisi lapisan ultraviolet, dan pemasangannya juga mudah sebab bisa ditekuk.

Motif Atap Rumah
Atap Rumah Polikarbonat

Baja Ringan atau Galvalum

Baja ringan (galvalvum) sekarang ini banyak digunakan sebagai material pengganti kayu atau baja konvensional dalam pembuatan rangka atap. Keunggulan dari jenis atap ini adalah tahan lama dengan bobotnya yang tidak terlalu berat. Namun, kelemahannya adalah menyerah panas dan harganya yang lebih mahal.

Contoh Atap Rumah
Atap rumah baja ringan

Aluminium

Kebanyakan orang memilih atap jenis ini karena memiliki banyak kemudahan saat memasangnya karena mudah dibuka dan ditutup. Keunggulan dari jenis atap ini adalah keawetannya yang dapat bertahan hingga puluhan tahun. Model ini cocok untuk Anda yang mencari referensi jenis atap bagi rumah Anda.

model atap rumah
atap rumah alumunium

Jerami

Jenis atap ini masih digunakan oleh masyarakat pedalaman misalnya di Suku Dani Papua dan Suku Dayak di Papua. Keunggulan yang dimiliki atap ini adalah bahan yang ramah lingkungan, memberi kesejukan di dalam bangunan, dan juga harganya yang lebih murah. Selain itu, atap jerami ini dapat bertahan hingga 15 tahun.

desain atap rumah
atap rumah jerami

Slate

Atap yang terbuat dari potongan bambu ini bernama Slate yang lenih kuat dari genteng. Slate ini biasanya digunakan pada bangunan yang menginginkan perlindungan lebih, misalnya benteng. Selain itu, keunggulan yang dimiliki atap jenis ini adalah  tahan lama, tahan api dan material yang bisa didaur ulang.

desain atap rumah
atap rumah slate

Atap Ijuk

Jenis atap ini dapat memberikan kesejukan dan juga cocok bagi Anda yang tinggal di pedesaan. Bahan pembuatan atap ini adalah dari tanaman aren yang tumbuh di anatar pelepahnya. Selain itu, keunggulannya adalah ketahanannya yang sangat lama dan kealamiannya yang mampu memberikan kesan baru.

Contoh atap rumah
atap rumah ijuk

Atap Rumbia

Keunikan dari atap ini adalah bahannya yang terbuat dari daun yang ditata menjadi atap rumah. Kesan alami dan tradisional dapat terpancar dari atap model ini. Selain itu, jenis atap ini cocok diaplikasikan di rumah Anda yang berada di daerah pegunungan.

model atap rumah
atap rumah rumbia

Atap Bahan Sirap/Kayu Ulin

Jenis atap ini merupakan atap yang menggunakan kayu ulin yang juga digunakan untuk atap sebuah pendopo atau bangunan kontemporer. Kayu ini bahkan memiliki kesan kuat dan alami sehingga dapat bertahan sampai berpuluh-puluh tahun. Model ini cocok untuk Anda yang mencari referensi jenis atap bagi rumah Anda.

model atap rumah
atap rumah sirap

Atap Canopy

Jika Anda memiliki rumah minimalis, jenis atap ini cocok sekali untuk Anda karena memiliki variasi yang cantik. Keunggulan dari atap ini adalah daya tahannya yang lama hingga sepuluh tahun. Namun, jika pemasangannya yang tanpa ventilasi akan membuat rumah menjadi lebih gelap.

desain atap rumah
atap rumah canopy

Atap Aspal

Jenis atap ini terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lainnya. Jika Anda memilih atap ini sebagai referensi, maka keunggulannya adalah lebih ringan dibandingkan dengan atap metal maupun atap keramik. Namun, atap ini juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan kerangka yang cukup kuat untuk menopang beratnya yang lebih besar.

motif atap rumah
atap rumah aspal

Atap Sirap

Jika Anda menyukai kesan anggun untuk rumah maupun atap, maka jenis atap ini cocok sekali menjadi pilihan Anda. Hal ini disebabkan oleh bentuknya yang unik namun tetap sederhana. Bahan dasarnya terbuat dari kayu dan biasanya digunakan pada bangunan pendopo dan joglo karena tetap memberikan kesejukan.

model atap rumah
atap rumah sirap

Atap Asbes

Jenis atap ini terbuat dari asbes semes atau fiber, bentuknya berupa lembaran tipis bergelombang yang memiliki ragam gelombang, baik kecil mapupun besar. Untuk pertibangannya, asbes ini memiliki kelebihan yaitu ringan dan tidak membutuhkan banyak penyangga, harga lebih murah, dan juga menyerap panas. Namun, jenis atap ini memiliki kekurangan, yaitu tidak menyerap panas dan desainnya yang kurang inovatif.

desain atap rumah
atap rumah asbes

Atap Seng

Di Indoensia sendiri, atap seng ini paling populer dan paling banyak digunakan, seng itu sendiri terbuat dari material logam yang dipanaskan dan dibentuk sesuai dengan kebutuhannya. Banyaknya masyarakat menggunakan atap ini adalah karena terbilang sangat ringan dan pemaangannya yang juga mudah. Namun, Anda juga harus dapat mempertimbangkan karena atap seng ini menimbulkan panas dan juga menimbulkan suara bising saat terkena air hujan.

contoh atap rumah
atap rumah seng

Atap Metal

Bahan metal ini terbuat dari logam anti karat atau baja lapis ringan. Atap dengan bentuknya yang sederhana ini memiliki beberapa keuntungan yaitu tidak memerlukan banyak rangka dan juga anti lumut. Model atap ini cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal yang tidak rumit.

model atap rumah
atap rumah metal

Atap Kaca

Seperti namanya, atap ini terbuat dari kaca yang bermanfaat untuk mencegah atap dari kelembapan yang berlebih dan berjamur. Anda dapat menggunakan atau mengaplikasikan jenis atap ini dalam rumah Anda. Namun, ada hal yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan untuk menggunakan atap ini karena akan terasa panas di siang hari dan juga modelnya yang terbatas.

desain atp rumah
atap rumah kaca

Atap Genteng Keramik

Bahan utama dari jenis atap ini adalah tanah liat yang diberi pelapisan pewarna glatzur. Jenis atap ini memiliki tampilan yang cantik karena memancarkan kesan licin. Selain itu, warnanya juga tahan lama karena proses pembuatannya dibakar terlebih dahulu pada suhu yang tinggi.

model atap rumah
atap rumah genteng keramik

Atap Beton Cor

Jenis atap ini biasanya digunakan pada rumah yang memiliki lantai lebih dari satu karena memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap berbagai cuaca maupun pelapukan. Hal ini cocok sekali bagi Anda yang memiliki rumah dengan 2 lantai. Namun, jenis atap ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah proses pembuatan yang rumit, menghadirkan banyak limbah, dan kelembapan ruangan yang tinggi.

contoh atap rumah
atap rumah beton cor

Atap Beton

Rumah minimalis biasanya menggunakan jenis atap ini karena tingkat kualitas dan keawetannya yang tidak bisa diragukan lagi. Jika Anda ingin mengaplikasikannya, maka Anda haru mempertimbangkan biayanya karena harga atap ini lebih mahal jika dibandingkan dengan genteng tanah liat.

model atap rumah
atap rumah beton

Genteng Tanah Liat

Jenis atap ini merupakan yang paling banyk digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya bentuk yang tersedia, kuat, dan juga tahan lama dalam cuaca apapun. Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih atap jenis ini adalah memberinya cat agar tidak cepat berlumut dan berjamur.

desain atap rumah
Atap Rumah Genteng Tanah Liat

Harga Atap Rumah Sesuai Jenisnya

Berikut ini merupakan harga atap rumah sesuai jenisnya:

Jenis Atap RumahSatuanHarga
Genteng tanah liat Genteng Super Gojer/ Morando1 buahRp. 7.000,00
Atap beton Genteng Moenir Gelombang 1 BuahRp. 7.000,00
Atap beton Genteng Moenir Gelombang per m3Rp. 700.000,00
Atap genteng keramik Genteng Keramik Utama 1 buahRp. 18.650,00
Atap kaca Genteng Kaca Kanmuri Gelombang1 buah Rp. 32.450,00
Atap metal Genteng Tiara Roof1 buahRp. 65.450,00
Atap Seng 1 buahRp. 7.000,00
Atap asbes Genteng Djabesmen Gelombang kecil 180cm x 105cm x 4mm 1 buah Rp. 53.000,00
Atap sirap 1 buahRp. 7.000,00
Atap aspal Bitumen Tegola Top Single Tradisional per m2Rp. 282.000,00
Atap Canopy SOLARLITE POLYCARBONATE 1 buah Rp. 450.000,00
Atap bahan sirap / kayu ulin1 ikat upRp. 165.000,00
Atap Rumbia 1 lembar Rp. 5.000
. Atap Ijuk 1 lembarRp. 10.000,00
Slate BARDOLINE PRO BEAVER WRN SLATE GREY21 pcs Rp. 515.450,00
Jerami1 ikatRp. 89.000,00
Aluminium1 buah
Baja ringan atau galvalum 1 buahRp. 75.000,00
Polikarbonat Hikari Polycarbonate Resin Midair Boad1 buahRp. 85.800
Atap Onduline ATAP ONDULINE CLASSIC 10 pcsRp. 1.760.000,00
PVC (Polyvinyl Chloride) Genteng West Roof 1 buahRp. 480.000,00
Awaning Canopy1 buahRp. 350.000,00
Zinclaume atau Spandekjenis atap kanopi carport Kanopi Policarbonat X-Lite type 3 per m2Rp. 400.000,00
Atap dari membrane 1 buahRp. 655.000,00
Atap bitumen onduvilla 1 buahRp. 243.000,00
Atap bambu (2×3)1 meterRp. 40.000,00
Ubin keramik m2(25/dos)Rp. 39.500,00
Atap Kain Terpal1 buahRp. 312.000,00
Atap Dak Beton per m3Rp. 1.000.000,00
Atap Metaldeck Addesia 1 buahRp. 36.000

Nah, demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai jenis atap rumah. Semoga pembahasannya bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi atap rumah.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text