Ahli Rumah Minimalis

Informasi Seputar Rumah, Dekorasi dan Tips Menarik

img

Kanopi Baja Ringan

/
/
13 Views

Kanopi Baja Ringan – Kanopi merupakan suatu media yang digunakan sebagai pelindung bagian luar ruangan serta halaman rumah dari panasnya terik matahari dan derasnya air hujan. Seiring dengan perkembangannya, saat ini kanopi mulai marak digunakan untuk lahan parkir mobil, balkon rumah, hotel, perkantoran serta bangunan yang lainnya.

Selain mempercantik tampilan rumah, keberadaan kanopi juga dapat memberi nuansa sejuk dan teduh pada area rumah serta penghalang dari radiasi matahari. Sehingga barang – barang berharga yang berada di luar rumah seperti meja, kursi, mobil, motor yang di cat tidak akan rusak atau melepuh.

Nah, oleh karena itu memilih kanopi sesuai kebutuhan serta memiliki kualitas yang bagus sangat penting untuk dipertimbangkan. Saat ini beragam jenis kanopi sudah banyak ditemukan, seperti halnya jenis kanopi baja ringan yang mempunyai kualitas oke dan harga yang terjangkau.

Inilah 10 model kanopi baja ringan minimalis, cara pasang dan harga per meternya yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Model Kanopi Baja Ringan

Model Melengkung

Kanopi dengan bentuk melengkung dikombinasikan dengan material atap dari polikarbonat membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik. Anda bisa menerapkan model kanopi melengkung ini pada bagian luar rumah.

Model Kanopi Baja Ringan Bentuk Melengkung Terbaru
Kanopi Bentuk Melengkung

Kanopi Dengan Bahan Kayu dan Kaca Lucu

Perpaduan material kayu dan kaca menciptakan tampilan yang lucu dan modern. Selain itu adanya kaca yang terpasang pada atap kanopi, membuat kayu terlindungi dari tetesan air hujan sehingga kayu tersebut akan tahan lama dan tidak mudah lapuk.

Model Kanopi Baja Ringan Dengan Bahan Kayu dan Kaca
Kanopi dengan Bahan Kayu dan Kaca Lucu

Kanopi Baja Ringan Berbahan Kaca

Material kaca yang digunakan pada atap kanopi berikut ini memberi kesan mewah ya. Kanopi kaca ini sepertinya cocok untuk diaplikasikan di mal-mal, hotel dan gedung pemerintahan.

Model Kanopi Baja Ringan Kaca
Model kanopi Berbahan Kaca

Model Kanopi Dengan Bentuk Simpel Modern

Nampak perpaduan warna hitam dan putih yang pas serta material membrane dan polikarbonat yang terpansang pada atap kanopi, membuat nya terlihat manis dan simpel.

Model Kanopi Baja Ringan Bentuk Simpel
Kanopi Bentuk Simpel Modern

Kanopi Dihiasi Tanaman Hijau

Nuansa sejuk dapat Anda rasakan ketika berada di bawah atap kanopi tersebut. Dengan menerapkan konsep go green, model kanopi ini sangat pas digunakan pada rumah dengan area yang cukup gersang. Apalagi ditambah dengan sebuah halaman hijau dilengkapi lampu taman yang cantik, menambah asri dan indah sebuah hunian.

Model Kanopi Baja Ringan Dengan Tanaman Hijau
Kanopi dihiasi tanaman hijau

Model Kanopi Modern

Dengan tampilan warna hitam dan bentuknya yang simpel membuat kanopi tersebut mempunyai kesan minimalis modern.

Model Kanopi Baja Ringan Modern
Model Kanopi Modern

Kanopi Berwarna Hitam Modern

Nah, model yang satu ini terlihat modern dan simpel. Warmanya yang full hitam, kanopi ini juga bisa melindungi mobil yang terparkir dibawahnya.

Model Kanopi Baja Ringan Hitam Modern
Kanopi Hitam Modern

Kanopi Baja Ringan Dengan Bentuk Kokoh

Model kanopi di bawah ini mempunyai bentuk yang simpel dan kokoh. Dengan kombinasi warna hitam dan abu – abu tersebut, menambah tampilan depan rumah terlihat lebih elegan.

Model Kanopi Baja Ringan Kokoh
Kanopi Baja Ringan Kokoh

Model Kanopi Baja Ringan Untuk Garasi Mobil Modern

Pada bagian atap kanopi ini terpasang material membrane berwarna krem serta baja ringan yang di cat warna hitam, membuat model kanopi tersebut menjadi terlihat menarik dan cantik.

Model Kanopi Baja Ringan Untuk Garasi Mobil
Model kanopi untuk garasi mobil

Pemasangan Kanopi Baja Ringan

Melakukan Perhitungan Luas Lahan dan Bahan yang Diperlukan

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas lahan yang akan dipasang kanopi. Misalnya lahan tersebut mempunyai lebar 6 m serta panjang 8 m, maka perhitungan luas lahan yang ingin tertutupi adalah 6 x 8 = 48 m.

Nah setelah pengukuran selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah pembuatan kerangka kanopi. Namun Anda harus memperhitungkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu ya.

Pembuatan Tiang Kanopi dan Kerangka Atap

Untuk satu baja ringan mempunyai panjang 6m dan ketebalan yang bervariasi. Sementara itu, untuk tinggi kanopinya sendiri yaitu berkisar antara 3 sampai 4 m .Dalam membuat 1 tiang dengan tinggi 3 m, maka dibutuhkan 1 batang baja ringan. Nah, agar daya tahan penompang tiang kuat, maka bisa menggunakan 2 baja ringan dalam satu tiangnya. Jadi total semua yang dibutuhkan untuk pembuatan 2 tiang adalah 4 batang baja ringan.

Tahap selanjutnya yaitu pemasangan rangka atap. Dalam pemasangan kanopi yang memiliki lebar 3 m, Anda membutuhkan 4 batang baja ringan yang tersusun memanjang, serta 1 baja yang dibagi menjadi dua bagian kemudian disusun secara menyamping untuk menahan dinding rumah tersebut. Dalam pemasangan kanopi, lebihkanlah beberapa cm supaya air hujan tidak mengenai halaman rumah ya.

Memilih Jenis Atap

Beragam jenis atap dapat Anda aplikasikan dalam pemasangan kanopi baja ringan. Mulai dari atap spandek, genteng metal dan atap gogreen. Nah, masing-masing dari jenis atap tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan dalam pengimpementasiannya.

Atap Spandek

Kelebihan dari atap spandek ini adalah pemasangannya yang mudah , serta memiliki sifat yang anti pecah , anti retak dan bentuk yang minimalis. Namun kekurangannya adalah ketika hujan atap tersebut akan menimbulkan suara yang sangat berisik.

Model Kanopi Baja Ringan Atap Spandek
Atap Spandek

Genteng Metal

Kelebihan dari jenis atap tersebut yakni memiliki daya tahan yang lama serta membuat suasana rumah menjadi lebih dingin. Kekurangannya sendiri yaitu permukaan genteng lebih mudah penyok ketika terinjak.

Model Kanopi Baja Ringan Atap Spandek
Genteng Metal

Atap Gogreen

Kelebihannya adalah tidak menimbulkan suara berisik ketika hujan dan tidak membuat suasana rumah menjadi panas. Tetapi kekurangannya yaitu tidak ahan lama dan mudah peca jika terkena benturan.

Model Kanopi Baja Ringan Atap Gogreen
Atap Gogreen

Menghitung Jarak Reng

Setiap jenis atap mempunyai jarak reng yang berbeda-beda, seperti halnya untuk atap spandek biasanya mempunyai jarak antara reng sampai 60 cm serta membutuhkan 5 batang reng.

Untuk genteng metal memiliki jarak antara reng sekitar 40 cm dan banyak membutuhkan reng dalam pemasangannya.
Sedangkan jika menggunakan atap gogreen ukuran 0.8 x 3 m, membutuhkan 8 batang reng dengan jarak antara reng sekitar 60 cm.

Jika luas lahan adalah 3 x 5 m maka perkiraan jumlah bahan yang digunakan untuk pembuatan kerangka yaitu berjumlah 5 batang reng dan 7 batang baja ringan.

Pemasangan

Pemasangan kanopi senidiri dapat dilakukan oleh penyedia jasa pemasangan atau bisa juga oleh Anda sendiri. Namun untuk pengerjaannya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika dikerjakan oleh yang bukan ahlinya, pasti memakan waktu yang sangat lama.

Nah jika Anda berminat untuk menggunakan jasa pemasangan, maka biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 1.000.000 untuk pemasangannya saja. Biasanya untuk atap gogreen dan genteng metal mereka mematok harga sekitar Rp. 250.000/m , sedangkan untuk atap spandek kisaran Rp. 300.000/m.

Harga Kanopi Baja Ringan Per Meter

ProdukSatuan
Harga
Kanopi Baja Ringan alt 1atap galvalume, go greenRp. 190.000
Kanopi Baja Ringan alt 2Atap Genteng Metal PasirRp. 195.000

 

Demikianlah pembahasan mengenai model kanopi baja ringan minimalis beserta cara pasang dan harga per meternya. Semoga informasi si atas tersebut dapat membantu Anda dalam memilih model kanopi yang cocok untuk diterapkan pada hunian Anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text