Ahli Rumah Minimalis

Informasi Seputar Rumah, Dekorasi dan Tips Menarik

img

Taman Belakang Rumah

/
/
17 Views

Taman Belakang Rumah –   Barangkali taman yang asri biasanya berada di depan rumah, namun membuatnya di belakang rumah pun bukanlah ide yang buruk. Jika taman yang berada di depan lebih banyak mengandung nilai estetika daripada nilai fungsionalnya, taman di belakang justru kebalikannya, atu mungkin seimbang memiliki keduanya.

Biasanya taman selalu identik dengan rerumputan, pohon yang rindang, sebuah bangku untuk bersantai, lampu taman untuk menerangi, dan lain sebagainya. Keberadaan taman bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman.

 

Desain Taman Belakang Rumah yang Minimalis

Agar rumah Anda terasa lebih sejuk dan semakin nyaman, Anda bisa membuat sebuah taman yang asri. Baik di depan maupun di belakang. Untuk taman yang ada di belakang rumah, berikut ini beberapa model atau desain yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Desain Taman dengan Konsep Kerikil

Jika biasanya halaman taman selalu penuh dengan rerumputan yang hijau, kali ini Anda bisa mencobanya dengan menggunakan kerikil-kerikil putih yang indah. Penampilannya sangat menarik untuk dilihat, ditambah pohon-pohon, tanaman, dan batu besar yang menghiasinya sangat bagus dipandang.

taman belakang rumah dengan kerikil
taman belakang dengan kerikil

 

Desain Taman Belakang dengan Ruangan Kaca

Membuat sebuah ruangan kaca di taman belakang terkesan sangat mewah dan elegan. Dilengkapi bangku dan meja untuk bersantai dan menikmati sore bersama keluarga terasa sangat menyenangkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan penerangannya agar lebih nyaman lagi.

taman belakang rumah dengan konsep kaca
taman belakang dengan konsep kaca

 

Desain Taman dengan Dapur Outdoor

Konsep yang satu ini rasanya cocok bagi Anda yang sering melakukan kegiatan masak-memasak bersama keluarga, teman, atau secara bersama-sama . Menambahkan dapur atau tempat untuk memasak di taman belakang akan memudahkan Anda untuk memasak di luar ruangan.

taman belakang rumah dan dapur
taman belakang dan dapur

 

Desain Taman dengan Dek Kayu

Penggunaan material kayu di taman sebagai sebuah dek adalah ide yang bagus. Hal ini akan membuat suasana taman sangat alami dan klasik. Warna taman yang hijau dan warna coklat alami dari kayu sangat kontras terlihat. Cantik sekali.

taman belakang rumah dek kayu
taman belakang dek kayu

 

Desain Taman ala Private Date

Jika Anda ingin sensasi privasi bersama pasangan atau keluarga, Anda bisa menciptakan sebuah taman belakang lengkap dengan kursi dan meja. Jangan lupa untuk mengatur pencahayaannya, agar ketika malam tiba, suasana romantis bisa terpancar dari taman. Terasa seperti private date.

taman belakang rumah private date
taman belakang private date

 

Desain Taman Belakang ala Kafe Kebun

Konsep taman yang satu ini merupakan solusi dari lahan belakang rumah yang tidak terlalu luas. Tidak masalah jika Anda hanya memiliki sisa lahan sempit di belakang rumah, Anda bisa menyulapnya dengan konsep kafe taman seperti ini.

taman belakang rumah kafe kebun
taman belakang kafe kebun

 

Desain Taman dengan Fireplace ala Eropa Kuno

Untuk Anda yang menginginkan sebuah taman bergaya eropa kuno, Anda bisa menambahkan fireplace untuk mempercantik taman belakang. Ditambah dengan kursi-kursi minimalis berwarna putih, terciptalah sebuah taman yang nyaman.

taman belakang rumah ala eropa
taman belakang ala eropa

 

Desain Taman dengan Mini Bar

Konsep taman dengan mini bar bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk mempercantik taman yang memiliki lahan yang tidak begitu luas. Cocok sekali untuk bersantai di sore hari, sambil menikmati segelas minuman segar pelepas dahaga.

taman belakang rumah mini bar
taman belakang mini bar

 

Desain Taman ala Rumah Hiiragi

Konsep taman ala Jepang memang menarik untuk desain taman, baik di depan maupun di belakang rumah. Misalnya seperti taman ala rumah Hiiragi berikut ini. Penampilannya sangat menawan hati, dan terasa seperti benar-benar di Jepang.

taman belakang rumah ala rumah hiiragi
taman belakang ala rumah hiiragi

 

Desain Taman Indoor untuk Lahan yang Sempit

Bukan masalah jika Anda hanya memiliki sisa lahan yang sedikit di belakang rumah. Anda tetap bisa menyulapnya menjadi sebuah taman yang menarik. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah penataannya, agar terasa nyaman berada di sana.

taman belakang rumah indoor
taman belakang indoor

 

Desain Taman Minum Teh Jepang

Jika tadi kita sudah membahas mengenai taman ala rumah Hiiragi, maka konsep taman yang ini juga masih berkaitan dengan Jepang. Konsep taman minum teh Jepang ini akan membuat lahan belakang rumah Anda yang tidak teralu luas menjadi sangat indah dipandang.

taman belakang rumah ala upacara teh
taman belakang ala upacara teh

 

Desain Taman Minimalis Khas Jepang

Jika sebelumnya bergaya rumah Hiiragi dan taman minum the, kali ini berkonsep taman khas Jepang.  Dilengkapi batu-batu yang berbeda-beda dan rumput hijau yang kontras dengan tanaman di sekitarnya, membuat suasana taman sangat asri.

taman belakang rumah khas jepang
taman belakang khas jepang

 

Desain Taman Belakang dengan Gerbang Kayu

Menambahkan gerbang kayu pada taman belakang akan membuat taman lebih cantik dan manis. Apalagi jika bentuknya yang minimalis dengan warna coklat alami dari kayu membuat taman semakin terasa alami dan bagus dipandang.

taman belakang rumah gerbang kayu
taman belakang gerbang kayu

 

Desain Taman dengan Outdoor Dinner Set

Dengan konsep dinner set outdoor yang dikelilingi tanaman sederhana bisa membuat taman belakang rumah Anda terasa sedikit lebih mewah. Untuk membuat taman dengan konsep seperti ini, Anda cukup mengeluarkan budget sekitar Rp. 12.500.000.

taman belakang rumah dinner set
taman belakang dinner set

 

Desain Taman dengan Kemewahan Khas Jepang

Konsep taman yang satu ini cocok bagi Anda yang menyukai suasana alam yang asi ala Negara Sakura. Anda bisa merasakan kemewahan dan kesegaran suasananya langsung dari taman belakang. Desain taman yang cantik dan alami ini akan membuat Anda merasa seperti berada di Jepang.

taman belakang rumah mewah jepang
taman belakang mewah jepang

Desain Taman Penuh Ketenangan

Moel taman dengan gaya minimalis yang sedehana ini bisa dibuat dengan budget yang tidak terlalu banyak. Suasananya terkesan sangat menentramkan dengan nuansa putihnya. Anda cukup merapikan halaman belakang rumah dan memberikan pepohonan kecil. Lalu tambahkan kursi atau sofa untuk bersantai.

taman belakang rumah nuansa tenang
taman belakang nuansa tenang

 

Desain Taman dengan Kolam dan Gazebo

Agar taman di belakang rumah terlihat lebih cantik lagi, Anda bisa menambahkan sebuah gazebo mungil. Dengan kolam renang yang tidak hanya fungsional, namun juga menambah kesan estetik yang tinggi.

taman belakang rumah berupa kolam
taman belakang berupa kolam

 

Desain Taman dengan Satu Bangku

Adanya taman bukan hanya sebagai penghias rumah agar terlihat indah dipandang, namun juga perlu memerhatikan nilai fungsionalnya. Salah satunya, Anda bisa menjadikan taman sebagai tempat untuk bersantai di pagi atau sore hari. Anda hanya perlu menambahkan bangku untuk duduk dengan desain yang cantik.

taman belakang rumah plus bangku
taman belakang plus bangku

 

Desain Taman dengan Gazebo

Agar taman terlihat lebih elegan dan cantik, Anda bisa membuat sebuah gazebo mungil yang terbuat dari kayu dan kerangka atap. Warna coklat yang alami sangat kontras dengan tanaman hijau di sekitarnya.

taman belakang rumah dengan gazebo
taman belakang dengan gazebo

 

Desain Taman dengan Kolam Renang Alam

Suasana alam yang asri dan kolam renang berukuran kecil, membuat taman di belakang rumahmu semakin cantik. Desain minimalis tidak hanya menampilkan sederhana namun juga rapi dan indah.

taman belakang rumah dengan kolam renang
taman belakang dengan kolam renang

 

Desain Taman dengan Desain Bangku

Selain berfungsi sebagai penghias rumah agar enak dilihat, pembuatan taman juga bisa dijadikan sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai sambil meminum kopi atau teh bersama pasangan atau keluarga. Anda hanya perlu menambahkan bangku yang didesain menyesuaikan dengan konsep taman agar terlihat serasi.

taman belakang rumah dengan desain bangku
taman belakang dengan desain bangku

 

Desain Taman dengan Pintu

Selain menggunakan pembatas berupa dinding, jika ada akses jalan Anda juga bisa membuat sebuah pintu keluar pada taman belakang. Biasanya pembuatannya disatukan dengan pagar belakang untuk membatasi dan memagari rumah.

taman belakang rumah dengan pintu
taman belakang dengan pintu

 

Desain Taman dengan Desain Dinding

Selain berfungsi sebagai pembatas dan penutup bagian belakang rumah, dinding taman juga bisa didesain cantik agar dapat menambah penampilan taman menjadi lebih cantik dan menarik.

taman belakang rumah dengan desain dinding
taman belakang dengan desain dinding

 

Desain Taman dengan Interior

Meskipun taman yang berada di belakang rumah adala ruang terbuka, tapi Anda bisa menyusun berbagai perabot untuk melengkapinya sebagai interior, sehingga taman terlihat lebih cantik dan nyaman digunakan. Misalnya kursi dan meja, atau menghadirkan pot-pot bunga minimalis.

taman belakang rumah interior
taman belakang interior

 

Desain Taman dengan Batu Alam

Anda bisa menambahkan hiasan batu alam untuk menambah indah penampilan taman rumah Anda. Bebatuan alam yang beragam bentuk dan warna putih yang alami akan membuat taman terlihat sangat cantik.

taman belakang rumah batu
taman belakang batu

 

Desain Taman dengan Kolam Ikan

Apabila lahannya masih mencukupi, Anda dapat menambahkan kolam ikan berukuran kecil pada taman rumah Anda. Selain sebagai hiasan, ikan-ikan ini juga dapat dipanen untuk dikonsumsi.

taman belakang rumah kolam ikan
taman belakang kolam ikan

 

Desain Taman Bersusun

Anda dapat membuat taman dengan memanfaatkan lahan kecil di belakang rumah. Tanami dengan tanaman hijau dan furniture seperti bangku dan meja akan membuat penampilannya sangat cantik dan menarik. Untuk tanaman hijau berpot, Anda bisa membuat rak vertikal sebagai tempatnya.

taman belakang rumah bersusun
taman belakang bersusun

 

Desain Taman Air Terjun

Mendesain kolam taman dengan penambahan air terjun akan membuat taman terlihat lebih cantik dan asri. Air terjun ini dapat dibuat dengan menggunakan batu-batu alam sehingga terkesan alami dan segar.

taman belakang rumah air terjun
taman belakang air terjun

 

Desain Taman Basah

Kebalikan dari taman kering, desain taman basah dapat ditanami dengan berbagai jenis tanaman termasuk tanaman yang membutuhkan penyiraman setiap hari. Desain taman basah akan menampilkan suasana yang rindang dan nyaman.

taman belakang rumah taman basah
taman belakang taman basah

 

Desain Taman Kering

Konsep taman kering tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merawat atau menyiraminya setiap hari, serta akan terlihat lebih bersih. Desain taman seperti ini menitikberatkan pada unsur hardscape, seperti penggunaan kerikil, dinding bertekstur, sclupture, dan lain sebagainya.

taman belakang rumah desain kering
taman belakang desain kering

 

Desain Taman dengan Suasana Modern

Membuat taman belakang untuk kesan asri dan alami, Anda bisa menanaminya dengan pohon dan dedaunan. Untuk kesan modern, buatlah bentuk potnya berbeda dari biasanya.

taman belakang rumah modern
taman belakang modern

 

Desain Taman dengan Suasana Lawas

Bagi Anda yang menginginkan taman tertutup dengn atap yang melindungi dari paparan sinar matahari, desain taman yang satu ini cocok Anda aplikasikan pada rumah Anda. Modelnya yang lawas, dipadu dengan tanaman hijau akan membawamu kembali ke masa-masa saat masih kecil.

taman belakang rumah suasana lawas
taman belakang suasana lawas

Desain Taman dengan Gazebo Terbuka

Konsep taman seperti cocok untuk bersantai dengan pasangan. Desain gazebo terbuka dan dikelilingi tanaman hijau yang dihiasi bunga berwarna-warni dapat membuat harimu makin berwarna juga.

taman belakang rumah gazebo
taman belakang gazebo

 

Desain Taman dengan Bangku

Tidak bisa dipungkiri bahwa bangku menjadi salah satu furniture penting untuk ditempatkan di taman belakang. Selain akan membuat tampilan taman terasa lebih lengkap, bangku juga sangat fungsional untuk bersantai.

taman belakang rumah bangku taman
taman belakang bangku taman

 

Desain Taman dengan Jalan Setapak

Untuk memudahkan Anda berjalan memasuki rumah, Anda bisa membuat jalan setapak. Dengan kombinasi batu-batu putih disekitarnya akan membuat jalan setapak taman terlihat sangat estetik.

taman belakang rumah jalan setapak
taman belakang jalan setapak

 

Desain Taman Belakang Tinggi

Untuk kesan yang berbeda, Anda bisa membuat blok tanaman yang lebih tinggi daripada lantai. Sekelilingnya dihiasi tanaman berpot, dengan warna yang berbeda-beda, akan membuat tampilan taman lebih menarik.

taman belakang tanaman tinggi
taman belakang tanaman tinggi

 

Desain Taman Belakang Terbuka

Konsep taman terbuka cocok bagi Anda yang menginginkan kebebasan. Anda bisa duduk di atas rerumputan hijau yang lembut dan bersih atau di atas kursi berdesain unik.

taman belakang rumah terbuka
taman belakang terbuka

 

Desain Taman Belakang untuk Bermain

Konsep taman seperti ini cocok bagi Anda yang memiliki anak kecil sebagai tempat untuk menemani si kecil bermain. Penataannya yang rapi, bunga-bunga ditaruh dalam pot, lalu ada kursi goyang, cocok sekali untuk momong sambil bersantai.

taman belakang rumah taman bermain
taman belakang taman bermain

 

Desain Taman dengan Pot Besar

Untuk kesan mewah dan elegan, desain taman yang satu ini cocok Anda aplikasikan di belakang rumah Anda. Dihiasi dengan pot-pot besar dan tanaman hijau akan menambah kesan asri dan segar pada taman rumah Anda.

taman belakang rumah dengan pot besar
taman belakang dengan pot besar

 

Desain Taman Minimalis

Untuk desain taman yang sederhana, Anda bisa menggunakan desain minimalis seperti taman di bawah ini. Dilengkapi tanaman hijau di tanah atau berpot, akan membuat taman rumah Anda terasa lebih asri.

taman belakang rumah minimalis
taman belakang minimalis

 

Desain Taman untuk Santai

Nah, untuk konsep taman yang satu ini Anda bisa bersantai dengan kursi duduk yang pendek atau berbaring juga. Dikelilingi tanaman hijau yang asri akan membuatmu merasa nyaman berada di sini.

taman belakang rumah untuk bersantai
taman belakang untuk bersantai

 

Desain Taman untuk Kegiatan Ramai-ramai

Konsep seperti ini cocok bagi Anda yang suka suasana ramai. Tamannya didesain agak tinggi dari biasanya, dengan lantai keramik kasar, Anda bisa mengajak teman-teman bersenang-senang di sini.

taman belakang rumah untuk ramai-ramai
taman belakang untuk ramai-ramai

 

Desain Taman dengan Sofa Santai

Dengan konsep taman seperti ini, Anda bisa bersantai bersama keluarga. Dipenuhi tanaman hijau, lalu disediakan kursi shofa yang empuk akan membuat Anda akan nyaman berada di sini.

taman belakang rumah untuk santai
taman belakang untuk santai

 

Desain Taman dengan Konsep Pasir

Taman yang satu ini kesannya sangat natural, dengan penempatannya pasir kasar dan kerikil di area tamannya. Anda bisa bersantai dengan konsep kursi tua dan suasana alami di taman ini.

taman belakang rumah dengan konsep pasir
taman belakang dengan konsep pasir

 

Desain Taman dengan Suasana Tropical

Konsep taman dengan suasana tropis akan membuatnya sangat sejuk. Dengan tema tanaman tropical yang tinggi, lalu dikelilingi kolam air di bawahnya, taman ini bisa Anda miliki.

taman belakang rumah tropical
taman belakang tropical

Nah, itulah beberapa contoh desain taman belakang rumah yang mungkin bisa Anda jadikan referensi dalam membuat taman impian di rumah Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text